.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Puasa Ramadhan

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Puasa adalah menahan diri dari makanan, minuman dan bersenggama mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. firman allah SWT "dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam" (Al-Baqarah : 187)

puasa ramadhan


Syarat Wajibnya Puasa 

1. Islam
2. Berakal
3. Dewasa
4. Mampu

Syarat Sahnya Puasa

1. Niat
2. Islam (tidak sah puasa orang kafir sebelum masuk islam)
3. Akal (tidak sah puasa orang gila sampai kembali berakal)
4. Tamyiz (dapat membedakan yang baik dan yang buruk)
5. Tidak haid (Tidak sah puasa wanita haid sebelum berhenti haidnya)
6. Tidak nifas (tidak sah puasa wanita nifas, sebelum suci dari nifas)

Sunnah Puasa

1. Mengakhirkan sahur sampai akhir waktu malam. selama tidak dikhawatirkan terbit fajar.
2. segera berbuka puasa bila benar-benar matahari terbenam.
3. memperbanyak amal kebaikan, terutama menjaga shalat lima waktu pada waktunya dengan berjamaah, menunaikan zakat harta benda kepada orang orang yang berhak, memperbanyak shalat sunah, sedekah, membaca Al-qur'an dan amal kebajikan lainnya.
4. jika dicaci maki, supaya mengatakan "saya berpuasa" dan jangan membalas mengejek orang yang mengejeknya. memaki orang yang memakinya, membalas kejahatan orang yang berbuat jahat kepadanya. tetapi membalas semua itu dengan kebaikan agar mendapatkan pahala dan terhindar dari dosa.  

Hal-hal yang membatalkan puasa

1. makan dan minum dengan sengaja pada saat berpuasa.
2. jima' (bersenggama) di siang hari
3. mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, atau sebab lainnyha dengan sengaja. adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluarnya tanpa sengaja.
4. keluarnya darah haid dan nifas, manakala seorang wanita mendapat darah haid atau nifas batallah puasanya  baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari
5. sengaja muntah dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. hal ini didasarkan pada sabda nabi SAW. barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)
6. Murtad dari islam, atau keluar dari agama islam

Manfaat Puasa

- Untuk kejiwaan
   puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kokoh dalam diri, yang ini merupakan hikmah puasa yang paling utama.

- untuk kesehatan
  membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.

Adab berpuasa :

1. menundukkan pandangan serta menahannya dari pandangan-pandangan yang tercela dan dibenci
2. menjaga lisan dari berbicara yang tidak bermanfaat, menggunjing, mengadu domba dan dusta
3. menjaga pendengaran dari mendengarkan setiap yang haram atau yang tercela.
4. menjaga anggota tubuh lainnya dari perbuatan dosa
5. setelah berbuka hendaknya hatinya antara takut dan harap. sebab ia tidak tahu apakah puasanya diterima.

sekian pembahasan dari saya tentang puasa di bulan ramadhan. semoga puasa kita dan amalan kita pada bulan ramadhan diterima dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT serta semua dosa dosa kita dihapuskan semua sehingga pada saat hari kemenangan kita menjadi suci kembali seperti layaknya seorang bayi yang baru lahir di dunia ini tanpa dosa.



Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Puasa Ramadhan, Diterbitkan oleh sourcecodeaplikasi1 pada Senin, 15 Juni 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to