.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Tutorial Penetasan Telur Menggunakan Mesin Tetas Manual

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


hai para blogger .. saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang Cara Penetasan Telur Menggunakan Mesin Tetas Manual. mungkin jika ada yang ingin menjadikan penetasan ini menjadi bisnis sampingan para blogger bisa liat langkah-langkah menetaskan telur menggunakan mesin tetas yang telah saya praktekkan. hasilnya alhamdulillah bisa mencapai 90 % menetas. dari percobaan saya meletakkan 15 telur ayam ke dalam mesin penetas, 13 telur berhasil menetas dan 2 diantaranya gagal menetas. dan sekarang saya mencoba dengan meletakkan 63 telur ke dalam mesin tetas saya.

oke langsung saja kita masuk pembahasan.

alat dan bahan yang di perlukan.

1. alat penetas telur. bisa di beli di toko peternakan terdekat. harganya pun bervariasi tergantung kapasitas telur dan kecanggihan alat itu sendiri. untuk alat saya menggunakan penetas telur kapasitas 75 dan manual.

2. lilin atau lampu minyak tanah. gunanya untuk pemanas darurat jika terjadi mati listrik.

3. semprotan air. gunanya untuk menyemprotkan air agar mempermudah anak ayam untuk memecahkan cangkang telur.

4. termometer untuk mengontrol suhu pada mesin tetas.

5. telur ayam atau bebek yang ingin di tetaskan.

langkah pertama

1. hidupkan mesin dan atur suhu ruangan agar stabil pada kisaran 37-39 derajat celcius. biasanya pada mesin tetas ada thermostat untuk mengatur lampu agar hidup atau mati pada suhu tertentu. isi air pada bak yang telah di sediakan pada mesin penetas telur. isi 3/4 bagian.

2. masukkan telur yang akan di tetaskan pada rak. telur yang akan di tetaskan harus berasal dari indukan yang di buahi oleh pejantan. bukan karena telur konsentrat. perbandingan pejantan dan betina yang baik adalah 1 jantan berbanding 8 betina. pilihlah telur yang bentuknya normal, dan usahakan jangan memilih telur yang terlalu kecil. posisikan telur yang bagian tumpul di atas. percaya tidak percaya. dari 2 telur yang tidak menetas salah satunya di karenakan telur sengaja saya balik karena saya penasaran. hehehe dan telur satunya yang tidak menetas karena telur terlalu kecil.

3. pada hari pertama- ketiga telur jangan di ubah posisinya. pada hari keempat sampai ke delapan belas telur di putar sehari 3 x. ini adalah perilaku induk ayam pada telur jika melakukan pengeraman. lakukan peneropongan pada hari ke 6. untuk melihat apakah telur ada calon anakan ayam atau tidak. jika ada maka berbentuk seperti laba-laba jika di teropong. dan jika tidak hanya sebuah titik biasanya embrio telah mati. jika ada yang seperti itu lebih baik pisahkan saja. telur masih bisa di konsumsi jika anda doyan.

4. semprot telur pada hari ke 6 hingga akan menetas. tujuaannya untuk mempermudah anak ayam memecahkan cangkang telur. gunakan semprotan dengan pengaturan yang lembut. sehingga air seperti embun.

5. pada hari ke 18 lihat telur apakah anakan masih hidup atau tidak. karena pada hari ke 18 sudah sangat terlihat pergerakan anak ayam di dalam telur. jika mati buang saja telur tersebut.

6. pada hari ke 19-21 telur jangan di putar lagi. karena pada masa itu telur akan memposisikan diri untuk mulai memecahkan cangkang.

7. pada hari ke 21 telur sudah mulai retak dan menetas.

sekian penjelasan dari saya tentang Tutorial Penetasan Telur Menggunakan Mesin Tetas Manual. semoga bermanfaat untuk kita semua. jika anda ingin mencoba dengan skala besar baiknya anda cari tahu dulu tempat penjualan telur yang dekat dengan tempat tinggal anda. karena mengurangi resiko telur rusak dalam perjalanan. 

berikut video proses keluarnya anak ayam dari cangkang telur.



Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Tutorial Penetasan Telur Menggunakan Mesin Tetas Manual, Diterbitkan oleh sourcecodeaplikasi1 pada Senin, 21 Desember 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to