.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Penyakit Jantung Koroner

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apakah penyakit jantung koroner(PJK)?
PJK adalah suatu penyakit dimana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner, sehingga menimbulkan gangguan aliran darah yang membawa zat-zat makanan dan oksigen ke otot jantung.
Apakah PJK identik dengan serangan jantung?
Serangan jantung adalah salah satu dari penampilan klinis PJK, selain angina pektoris, gangguan irama jantung, gagal jantung dan kematian mendadak.
Bagaimana PJK bisa terjadi?
Berbagai macam proses yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah koroner merupakan penyebab PJK. Aterosklerosis merupakan penyebab utama terjadinya PJK. Arteri koroner akan mengeras dan menyempit sehingga menimbulkan gangguan aliran darah ke otot jantung. Proses tersebut terjadi perlahan-lahan dalam waktu yang cukup lama.
Apakah yang dimaksud dengan aterosklerosis?
Adalah pengerasan dinding arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lain pada lapisan dalam dinding pembuluh darah arteri. Pengendapan tersebut membentuk �plak� yang akan mengakibatkan dinding arteri menebal dan menyempit. Proses terjadinya kerusakan dinding dalam arteri kemudian terjadi pengendapan kolesterol, zat-zat lemak dan zat-zat lainnya, dimulainya pembentukan plak yang keras dan melekat pada dinding arteri yang selanjutnya menyempit atau pecah dan menyumbat arteri.
Apa yang terjadi jika pembuluh darah koroner menyempit?
Jantung akan kekurangan oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkannya. Bahkan kalau lubang arteri koroner tersumbat total, otot jantung sama sekali tidak mendapat oksigen dan zat-zat makanan. Sebagian otot jantung yang tidak mendapat oksigen dan zat-zat makanan tersebut akan mati jaringan dan menimbulkan serangan jantung. Bila kematian jaringan otot jantung luas, dapat menimbulkan kematian karena jantung tidak mampu berfungsi sebagai pompa.
Apa yang dimaksud dengan faktor risiko koroner?
Adalah istilah epidemiologis yang berarti adanya suatu tAnda klinis atau biokimia/laboratorium yang secara statistik berhubungan erat dengan meningkatnya kemungkinan untuk berkembangnya PJK.
Apakah yang dimaksud faktor risiko koroner?
Faktor risiko utama yang dapat Anda ubah adalah : merokok, tekanan darah tinggi (hipertensi), kelebihan kadar lemak darah (hiperkolesterolemia), kencing manis (diabetes), kegemukan (obesitas), kurang bergerak/olahraga, dan stres. Faktor risiko yang tidak dapat diubah adalah usia, laki-laki dan perempuan menopause, riwayat keluarga, dan tipe kepribadian tertentu.
Walaupun Anda hanya mempunyai satu faktor risiko, Anda berpeluang  mendapat PJK lebih besar dibandingkan orang yang tidak mempunyai faktor risiko koroner. Bila lebih banyak risiko, maka Anda mempunyai kemungkinan yang lebih besar lagi terserang PJK.
Mengapa merokok dapat menyebabkan PJK?
Pada rokok dan asap rokok terdapat kurang lebih 4000 jenis bahan kimia , terdiri dari zat-zat beracun dan adiktif.  Zat tersebut mengakibatkan penyempitan arteri, gangguan irama jantung dan percepatan denyut jantung sehingga menyebabkan kebutuhan oksigen otot jantung meningkat dan tak dapat dipasok oleh aliran arteri koroner. Rokok menurunkan kolesterol baik (HDL), meningkatkan agregasi trombosit, menurunkan produksi zat yang melebarkan arteri sehingga akan mempengaruhi perkembangan PJK.
Berapa besar kemungkinan Anda terserang PJK bila merokok?
Merokok meningkatkan kematian 1-2 kali karena PJK. Jika Anda merokok, peluang terkena serangan jantung adalah 6 kali lebih besar dibanding mereka yang tidak merokok. Risiko tersebut meningkat dengan jumlah rokok yang Anda hisap setiap hari. Merokok juga faktor risiko untuk stroke.
Apakah yang dimaksud tekanan darah?
Adalah kekuatan mendorong darah, terukur pada dinding arteri. Biasanya tercatat dalam 2 angka, seperti 120/80 milimeter air raksa (mmHg). Normal : bila tekanan darah kurang dari (?) 120/80 mmHg.
Kapan disebut tekanan darah tinggi (hipertensi)?
Dikataka darah tinggi bila tekanan darah menetap lebih dari 140/90 mmHg, sedangkan diantaranya disebut Prehipertensi.
Apakah gejala hipetensi?
Kebanyakan orang dengan hipertensi tidak merasakan sesuatu penyakit atau tidak ada keluhan sama sekali, kemudian tiba-tiba terjadi komplikasi yang fatal seperti terkena serangan jantung, stroke, gagal jantung, gagal ginjal, kebutaan sehingga hipertensi sering disebut pembunuh tersembunyi (the silent killer). Namun sebagian penderita mengeluh sakit pada bagian kepala belakang (tengkuk) dan sulit tidur.
Mengapa hipertensi dapat menyebabkan PJK?
Karena hipertensi menyebabkan kerusakan pembuluh darah arteri secara perlahan. Akibat tekanan yang tinggi terus-menerus, dinding arteri akan terluka dan mengeras, sehingga terjaid penyempitan pembuluh darah termasuk arteri koroner.
Tekanan darah normal akan meringankan kerja jantung. Bila Anda pernah mendapat serangan jantung, akan lebih kecil kemungkinan mendapat serangan jantung berulang jika menurunkan tekanan darahnya. Makin tinggi tekanan darah Anda makin besar risiko untuk terkena PJK dan risiko penyakit pembuluh darah lainnya.
Bagaimana cara mengontrol tekanan darah?
Bila tekanan darah Anda tidak terlampau tinggi, Anda dapat mengontrolnya dengan menurunkan berat badan , aktifitas fisik yang teratur dan terukur, kurangi konsumsi garam, natrium, dan alkohol. Perbanyak konsumsi buah, sayur, makanan rendah lemak, makanan yang mengandung kalium, magnesium dan serat kalsium.
Bagaimana bila tekanan darah Anda tetap tinggi?
Berobatlah ke dokter. Dokter Anda akan memberikan tambahan obat-obat selain perubahan tersebut, terutama bila Anda sudah pernah terserang penyakit jantung.
Bagaimana mencegah hipertensi?
Diet tinggi serat, rendah lemak dan rendah garam
Tidak merokok
Istirahat cukup
Olahraga teratur
Menjaga berat badan
Mengatur tekanan darah secara teratur

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Penyakit Jantung Koroner, Diterbitkan oleh sourcecodeaplikasi1 pada Rabu, 12 Juni 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to