.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP di Excel

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP di Excel - Assalamualaikum Wr Wb. Kali ini saya akan berbagi Tutorial Tenntang Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Di MS Excel & Tutorial IF. disini tutorial saya di buat menjadi sebuah program kecil dan menarik. dan saya buat agar mudah di pelajari.

Berikut adalah layoutnya.


Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan

Langkah 1

Buat data dengan judul nomer, nama, dan nilai. dan isi data tersebut.
buat juga tabel untuk summary seperti tabel di atas.

Langkah 2

Buat list pilihan pada Kolom H baris ke 2 dencan cara masuk ke data, pilih validation, pada seting ubah any value menjadi list dan source diisi sesuai data yang akan di buat.

Langkah 3

Buat rumus VLOOKUP pada Kolom H baris ke 5 . Berikut rumusnya.

=VLOOKUP($H$2,$D$3:$E$10,1,0)

Setelah itu copy ke sampingnya dan ubah 1,0 menjadi 2,0 sehingga nilai yang terpanggil.
jika di excel anda menggunakan Titik Koma (;) maka ubah 1;0 Menjadi 2;0 .

Langkah 4 

Buat Rumus If Seperti pada tulisan Lulus yang saya blok merah
pada kriteria saya nilai kurang dari sama dengan 6 di nyatakan tidak lulus. dan di atas 6 di nyatakan lulus.

Berikut rumusnya
=IF($I$5<=6,"Tidak Lulus",IF($I$5>6,"Lulus",""))

Anda tinggal mengubah kriteria sesuai kebutuhan anda.

Dan Langkah terakhir untuk membuat Summary Gunakan Fungsi  CONCATENTATE.
Fungsi tersebut bertujuan untuk menggabungkan shet shet sehingga menjadi sebuah kalimat atau teks.

Pada program Excel yang saya buat seperti gambar di atas menggambarkan Evi mendapat nilai 10 sehingga di nyatakan lulus

Rumusnya adalah seperti di bawah ini.

=CONCATENATE($H$5," ","Mendapatkan Nilai"," ",$I$5," ","Sehingga Dia Dinyatakan"," ",$K$5)

Pada pembahasan kali ini kita Menggunakan 3 Fungsi yaitu Vlookup, Fungsi If, Dan Concatentate.

Lihat juga Tutorial Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dua Sheet Di Excel

Sekian dulu pembahasan dari saya tentang Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP , IF, Dan CONCATENTATE Di Excel. Semoga Bermanfaat Untuk Diimplementasikan Oleh anda semua.
Sekian dan terima kasih. Berbagilah Karena dengan berbagi ilmu anda akan semakin bertambah. Tolong bagikan Tutorial Ini jika menurut anda bermanfaat. Terima Kasih


Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP di Excel, Diterbitkan oleh sourcecodeaplikasi1 pada Sabtu, 12 November 2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to