.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

CONTOH LAPORAN PEMBUATAN WEBSITE UNTUK USAHA KECIL MENENGAH

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
         Perkembangan teknologi pada saat ini telah membawa kemajuan yang besar dalam berbagai bidang. Untuk melakukan bisnis pun mudah di lakukan tanpa kita harus memiliki sebuah perusahaan atau toko untuk melakukan suatu usaha.orang cukup menggunakan media seperti computer atau handphone untuk melakukan bisnis.
         Komputer atau handphone sebagai alat bantu yang mempunyai kemampuan di dalam bidang pengolahan data dan informasi, sehingga dapat di manfaatkan untuk melakukan informasi bisnis kepada khalayak.
         Di Indonesia penggunaan handphone dan computer sudah mencapai angka yang cukup besar. Hampir semua orang memiliki handphone atau computer. Bahkan ada yang memiliki 2 handphone atau computer.
         Pemanfaatan laptop atau handphone dalam memasarkan suatu produk memiliki peranan yang cukup penting di dalam dunia bisnis. Sebagai contoh tokobagus.com atau berniaga.com yang sudah cukup eksis dan sering terdengar di Indonesia. Walaupun pemilik toko bagus atau berniaga tidak memiliki produk untuk di jual, mereka memiliki keuntungan dari pemasangan iklan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat sebuah website berbasis e-commerce untuk di gunakan oleh usaha kecil menengah (ukm) yang ada di bambu kuning Bandar lampung.

1.2 Rumusan Masalah
         Usaha kecil menengah di Bandar lampung rata-rata hanya melakukan bisnis secara tradisioanal yaitu dengan melakukan transaksi secara langsung antara penjual dan pembeli. Untuk usaha kecil menengah dari pada mereka membeli sebuah website untuk promosi mungkin  menurut mereka lebih penting di gunakan untuk menambahkan modal usaha.
1.3 Tujuan
1.      Memberikan kemudahan para pengusaha kecil menengah untuk melakukan promosi ke khalayak ramai menggunakan media elektronik.
2.      Mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang.

1.4  Manfaat
1.      Memajukan usaha kecil menengah untuk melakukan suatu bisnis dengan berbasis teknologi informasi.
2.      Lebih mempromosikan produk usaha kecil menengah agar bisa di lihat oleh khalayak ramai.











BAB II
ANALISIS

2. 1 Analisis Penjualan
Usaha kecil menengah (ukm) yang akan di buatkan website e-commerce adalah toko baju bola (jersey), toko sepatu, dan toko perlengkapan rumah tangga.
1.      Menganalisis toko sepatu.
Dalam menganalisis toko sepatu yang utama adalah produk apa saja yang ingin di tampilkan ke dalam website, lalu ukuran sepatu atau deskripsi dari barang tersebut. Agar pembeli jelas tanpa harus bertanya lagi mengenai produk yang tertera di website. Membuat stock dan pembelian agar mudah dalam melakukan pembuatan laporan penjualan.
2.      Menganalisis toko baju bola atau jersey
Jersey atau baju bola sudah cukup popular di gunakan di Indonesia. Harganya pun cukup murah untuk produk yang memiliki kualitas yang lumayan. Sehingga jersey sangat cocok untuk di promosikan menggunakan website e-commerce. User interfacenya dalam pembuatan website e-commerce penjualan jersey harus menarik pembelinya. Gambar harus di tampilkan beserta isinya secara mendetail. Agar tidak ada pertanyaan lagi untuk produk yang di jual.
3.      Menganalisis toko perabotan rumah tangga.
Perabotan rumah tangga banyak di gunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Sasaran dalam perabotan rumah tangga online ini adalah ibu-ibu yang sibuk bekerja, misalkan pegawai negri sipil atau karyawan swasta yang bekerja dari pagi hingga sore hingga mereka tidak sempat untuk berbelanja secara langsung ke pasar atau toko. Interface dan warna website untuk perabotan rumah tangga harus bersifat dingin untuk di lihat, karena biasanya yang membuka adalah ibu-ibu yang sudah tua.



2.2 Gambaran Tentang Isi Website
Produk yang akan di tampilkan di dalam website harus menarik agar bisa membuat para pembeli berminat untuk membeli. Dalam mencantumkan harganya pun harus sesuai dengan kualitas produk yang tertera di dalam website agar orang tidak jera dan mau membeli produk kita untuk lain waktu. Karena kepercayaan customer adalah hal yang penting dalam melakukan usaha berbasis e-commerce.
2.3       Analisis Swot
2.3.1    Pengertian Analisis Swot
          Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
2.3.2    Analisis Swot Toko online
Kekuatan:
kekuatan pada prusahaan kami terletak pada manajemen kami yang telah terampil dalam menjalankan bisnis online ini, dan sekaligus kami juga menyediakan barang-barang yang berkualitas bagus dan selalu up to date, kamu juga tak pernah mengecewakan para pelanggan kami, dan "kepuasan pelanggan" adalah semboyan kami.

Kelemahan Khas E-commerce / online shop
Karena proses shipping yang memakan waktu, customer satisfaction tidak terjadi dengan segera dalam e-commerce / online shop. Barang berat, besar dan tidak tahan lama adalah barang yang mahal untuk dikirim. Biaya kirim selalu menimbulkan kesulitan.

Keamanan dan penipuan membuat banyak orang khawatir dan enggan untuk menggunakan kartu kredit mereka dalam transaksi online.

Peluang
Mengembangkan teknologi baru yang dapat mengembangkan bisnis online. Banyak orang tidak mau repot untuk berbelanja. Dengan adanya toko online, konsumen bisa berbelanja dengan nyaman dan praktis.

Ancaman
Entry barrier yang rendah dalam membuat e-commerce juga merupakan ancaman. Sangat mudah untuk membuat e-commerce untuk bisnis, bahkan di garasi. Orang bisa menjual barang melalui Facebook atau eBay tanpa memiliki website. Dan banyaknya online shop lain yang lebih baik. Sehingga online shop ini akan di tingkatkan pelayanannya, kemudahannya, dan teknologinya supaya konsumen tertarik dengan online shop kami.


BAB III
METODOLOGI

3.1 Teknologi
Adapun spesifikasi hardware dan software yang digunakan dalam pembuatan website e-commerce ini adalah sebagai berikut:
3.1.1 Hardware
Hardware yang digunakan dalam pembuatan website adalah :
1.      Prosesor Intel(R) Core (TM) i3-2370M CPU @2.40 GHz
2.      2 GB RAM
3.      500 GB Harddisk
3.1.2 Software
Software yang di gunakan dalam pengembangan sistem informasi yaitu:
1.      Sistem Operasi Windows 7
2.      Adobe Dreamweaver MX 2004
3.      Google Chrome
4.      Xampp




3.2  Metode Dalam Pengembangan website e-commerce
            Metode yang penulis gunakan adalah dengan melakukan Metode Waterfall, karena metode ini sangat baik dalam melakukan pembangunan suatu sistem informasi.
Gambar 2.1 Metode Waterfall
1.      Analisa Kebutuhan
Untuk menganalisis kebutuhan sistem harus melakukan survey ke website-website yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Misalkan toko bagus atau berniaga.com
2.      Desain Sistem
Desain sistem harus user friendly. Agar user mudah dalam menggunakan website untuk mencari produk yang akan di cari.
3.      Coding
Bahasa pemrograman yang penulis gunakan adalah bahasa pemrograman PHP. Karena bahasa pemrograman tersebut masih cukup popular dan terbilang mudah dalam pembuatan website.


4.        Pengujian sistem informasi
Pengujian sistem dilakukan oleh rekan-rekan yang ada di manajemen informatika 2011. Dan pemilik usaha kecil menengah.
5.      Penerapan dan pemeliharaan
Dalam penerapan dan pemeliharaan website di lakukan selama sebulan sekali.

3.3       Pengertian Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.
Mungkin kita bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.
Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

3.4       Pengertian Domain

Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama kita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja. Jadi domain adalah identitas anda di Internet
3.5  Pemilihan Hosting
hosting yang di gunakan oleh website ini adalah menggunakan 000webhost.com karena di 000webhost memiliki fitur yang cukup lumayan untuk penyimpanan data yang cukup banyak. Namun kelemahan dari 000webhost adalah sering munculnya iklan yang tidak di inginkan jika website di running menggunakan browser.

3.6  Pemilihan Domain      
Domain yang digunakan adalah domain (dot tk). Karena domain dot tk mudah dalam melakukan registrasi dan gratis. Nama dot tk pun cukup menarik untuk website dibandingkan kita harus menggunakan subdomain dari website orang lain.


















BAB IV
KESIMPULAN

4.1 KESIMPULAN

Pembuatan sistem website e-commerce untuk para pelaku usaha kecil menengah di bambu kuning Bandar lampung berfungsi untuk mempermudah dalam promosi dan penjualan produk-produk mereka.


sekian dulu artikel dari saya. bagi teman-teman yang ingin blognya menjadi peringkat satu di google seperti saya silahkan buka artikel saya tentang cara menjadi peringkat satu di google.

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel CONTOH LAPORAN PEMBUATAN WEBSITE UNTUK USAHA KECIL MENENGAH , Diterbitkan oleh sourcecodeaplikasi1 pada Kamis, 03 April 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to