.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Komponen Sistem Informasi

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


     a)      Komponen software

1.      PengaruhPerangkatLunakdalam Stakeholder
DalamSuatuSistemInformasiperan Stakeholder dalamkaitannyadenganperangkatlunakadalah proses pengujiansuatukelayakandalam system informasidanmelakukanperawatan system informasitersebut
2.      Pengaruhperangkatlunakdengan system analis.
Dalamhalini software berperanpenting dalam membantu system analis dalam suatu informasi dengan memproyeksikan system tersebutlayakdigunakanatautidaknya.
3.      PengaruhSofwareterhadapBisnis
Pengembangan software dalamsuatu system informasisangatlahmudahuntuk di jadikan media bisnis,jadidenganadanya software penjualanbarangsemuainformasitentangpenjualanbisa di handle denganhanyasatu software.
4.      Dalam era globalisai saat ini teknologi sudah banyak di kembangkan dalam suatu system informasi karena pengaruh dapat meningkatkan meningkatnya daya jual system informasi dan sebagai media daya saing untuk saat ini.
5.      Hubungan software  dengan proses builder
Dalam konteks ini saat ini sangat di butuhkan karena software sebagai media pendukung dalam pengembangan system penjualan tersebut.
6.      Metodologi yang di pakai dalam pengembangan system tersebut adalah metodologi waterfall.
      b)     Komponen Orang

1.      Komponen orang ini bias sangat di bilang penting karena orang bias menyumbangkan berbagai komponen atau yang di sebut media pengumpulan data.
2.      Dalam system analis di butuhkan juga sebuah SDM yang dimana membantu dalam memecahkan sebuah masalah dalam hal proses penganalisaan terhadap suatu system informasi dan sdm jga berpengaruh terhadap mengidentifikasi solusi alternative, dan menerapkan solusiterbaik dalam proses pengembangan sebuah system.
3.      Pada dasarnya peran sdm adalah sebagai media penunjang karena dalam hal ini sdm di gunakan sebagai pengatur atau pengelola dalam menerapakan strategi bisnisnya dalam pengembangan dalam suatu perusahaan tersebut
4.      Hubungan antara teknologi dan sumber daya manusia sangat erat kaitannya. Dengan berkembangnya teknologi maka akan mengefisiensikan  tenaga manusia dalam proses operasi suatu perusahaan. Dalam hal ini harus  ada sinkronisasi antara tenaga kerja manusia dengan perkembangan teknologi   supaya peran tenaga manusia tidak tergantikan oleh teknologi yang ada SDM juga berperan dalam hal penguasaan teknologi yang di kembangkan dalam pembangunan suatu system informasi tersebut.
5.      Dalam kaitanya peran Sumber Daya Manusia sebagai pembantu pengambilan keputusan dalam proses system buider dalam proses pembuatan system ataupun dalam proses system analis.
c)      Komponen Hardware
1.      Peran hardware dalam stakeholder adalah teknis hardware yang dimana dalam suatu system didalam sebuah system harus di butuhkan sebuah media penyimpanan karena dalam sebuah system di era globalisasi saat ini sebuah system membutuhkan media perangkat keras.
2.      Peransistem informasi dalam suatu organisasi sangat diperlukan untuk  usulan perencanaan meliputi perlengkapan hardware, software, jaringan, biaya, akurat berdasarkan hasil analisis dan perencanaan pada strategi system.
3.      Peran hardware dalam teknologi dalam era globalisasi ini teknologi software maupun hardware ini semakin berkembang kemudian pengaruh dalam system informasi bagaimana memaksimalkan penggunaan teknologi dan sesuai system informasi yang di butuhkan
4.      Pengaruh proses pada hardware adalah sebagai metode penyuplay yang di butuhkan dalam membangun sebuah system informasi penjualan tersebut.semakin bagus hardware dan software yang di gunakan semakin maksimal juga hal yang di hasilkan.
     d)     Prosedur
1.      Nama dan jenis SI
Dalam membuat sistem harus ada prosedurnya. Pertama harus menganalisa terlebih dahulu sistem seperti apa yang akan di buat, sesuai dengan kebutuhan atau tidak sistem yang akan di buat. Lalu setelah selesai barulah melakukan pembuatan sistem. Setelah selesai pun harus ada analys system yang menganalisa kekurangan dari sistem yang telah di buat. Setelah melakukan beberapa perbaikan dan jika sudah fix baru sistem bisa di gunakan. Itulah hubungan prosedur dengan sistem informasi.s

2.      Steakholders
Prosedur dapat memudahkan karyawan baru jika belum bisa menggunakan sistem informasi pada organisasi tersebut.

3.      System analys
System analys dalam melakukan tugasnya juga harus sesuai dengan prosedur. Mereka hanya bertugas menganalisa dari sistem yang sudah di buat dan tidak melakukan pekerjaan lain. gunanya agar sistem dapat berjalan dengan baik karena masing-masing divisi hanya memiliki satu pekerjaan dan agar mereka dapat fokus pada satu pekerjaan itu saja.

4.      Pemicu dari segi bisnis
Dari segi bisnis, prosedur sangat berperan penting. Dengan adanya prosedur kegiatan bisnis dapat berjalan sesuai alur yang telah di tetapkan sebelumnya.

5.      Pemicu dari segi teknologi
Dalam pemilihan dan penggunaan teknologi harus ada prosedur. Agar pengguanaan teknologi sesuai dengan prosedur yang telah ada.

6.      Proses
Dalam sebuah proses kegiatan bisnis, harus sudah ada prosedur-prosedur. Tujuannya agar lebih mudah dalam melakukan suatu pekerjaan. Oleh karena itu proses sangat berhubungan sekali dengan prosedur atau panduan.

7.      Berurutan atau berulang
Prosedur harus berurutan. Karena prosedur adalah tata cara yang harus di lakukan secara terurut sesuai dengan prosedur yang ada.

      e)      Jaringan

1.      Nama dan jenis si
Jika hanya untuk skala bisnis toko atau sesuai dengan nama sistem informasi yang kami pilih, maka jaringan yang digunakan pada sistem informasi penjualan adalah jaringan lokal. Karena hanya mencakup dalam sebuah organisasi yang sedang melakukan kegiatan bisnis.

2.      Steakholders
Hubungan jaringan dengan kasir adalah bisa memudahkan dalam melakukan komunikasi. Sehingga kegiatan bisnis dapat berjalan dengan baik.
Sedangkan hubungan dengan atasan/ bosnya adalah mereka dapat melihat seluruh transaksi bisnis dari ruangannya tanpa harus bertanya secara langsung dengan para karyawannya atau disini karyawannya adalah kasir.

3.      Analys system
Hubungan analys system dengan jaringan adalah analys sistem melakukan suatu pengujian terhadap jaringan yang di bangun pada sistem tersebut. Analis juga memberikan penilaian apakah jaringan yang di gunakan itu dapat berjalan dengan baik atau tidak. Sehingga analis terus memantau apakah jaringan itu penting atau tidak. Karena jika tidak penting maka lebih baik jaringan pada sistem informasi tersebut lebih baik di hilangkan saja. Agar kegiatan bisnis bisa lebih berjalan secara efisien.

4.      Pemicu dari segi bisnis
Hubungan jaringan dengan pemicu dari segi bisnis adalah jaringan dapat membuat seluruh transaksi dapat dilihat secara langsung oleh atasannya di ruangannya tanpa harus mengawasi secara langsung kegiatan bisnis yang sedang berjalan. Sehingga bos dapat tau segala transaksi dan bos lebih mudah dalam memantau transaksi yang di lakukan oleh karyawannya.

5.      Pemicu dari segi teknologi
Teknologi jaringan yang dapat di gunakan adalah jaringan komputer local. Di sini juga camera cctv juga sangat berperan penting dalam kegiatan bisnis tersebut. Kamera cctv juga hanya cukup menggunakan jaringan local saja. Gunanya pengguanaan perangkat cctv adalah untuk memantau seluruh kegiatan bisnis. Bos juga dapat mengawasi para pembeli yang berada di dalam tokonya tanpa harus mengawasi secara langsung.

6.      Proses
Hubungan jaringan dengan proses adalah segala proses kegiatan bisnis dapat di pantau oleh pemilik organisasi hanya dari ruangannya tanpa harus melihat secara langsung proses transaksi dengan para customer. Sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik dan lebih efisien.

     f)       DATA

1.      Nama dan jenis si
Data sangat penting dalam jeinis sistem informasi ini. Karena data nama dan harga barang harus tersimpan rapi di database. Sehingga dalam melakukan penghitungan total belanja, kasir hanya menggunakan barcode reader saja untuk mendeteksi jenis dan harga barang. Sehingga kegiatan transaksi lebih cepat selesai.

2.      Steakholders
Hubungannya dengan kasir adalah lebih memudahkan kegiatan transaksi. Data yang telah di simpan dalam database akan muncul sendiri jika barcode reader melakukan scaning terhadap code barang pada barang-barang yang di jual.

3.      Analyst system
Hubungannya dengan analyst system adalah analyst sistem



4.      Pemicu dari segi bisnis
Penyimpanan seluruh data pada database dapat memudahkan kegiatan bisnis. Sehingga kegiatan bisnis dapat berjalan dengan cepat dan efisien. Sehingga para customer merasa puas dengan kinerja karyawan.

5.      Pemicu dari segi teknologi
Hubungan data dengan pemicu dari segi teknologi adalah data itu berperan penting dalam kegiatan bisnis. Karena jika data nama-nama barang dan harga barang tidak ada dalam dalam database, maka barcode reader tidak dapat bekerja secara efisien. Dan kasir bekerja lebih lama karena harus melakukan penghitungan secara manual.

6.      Proses
Dalam proses kegiatan bisnis, data-data sangat penting. Karena atasan menentukan harga sesuai dengan data-data pembelian barang dari pemasok. Sehingga pemilik usaha tahu berapa keuntungan yang mereka dapatkan dari kegiatan bisnisnya.


Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Komponen Sistem Informasi, Diterbitkan oleh sourcecodeaplikasi1 pada Minggu, 28 April 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to